Facebook
Kalender
Calendar Widget by CalendarLabs
Pengunjung

Pernahkah Anda mendengar Rose Parade di Pasadena, California? Sejak kali pertama diselenggarakan pada Januari 1890, festival bunga internasional ini berhasil menarik wisatawan, baik dari kawasan California maupun negara-negara di penjuru dunia. Bukan hanya itu, Rose Pasadena dianggap sebagai salah satu sumber pendapatan yang menggerakkan roda perekonomian negara bagian tersebut.

Potensi wisata besar dari festival bunga tak hanya terjadi di Pasadena. Negara-negara lain pun mempunyai festival bertema bunga yang turut mendongkrak bidang pariwisata maupun ekonomi. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Apa kita mempunyai festival serupa yang patut dibanggakan?

Bagaimana jika Jakarta menyelenggarakan festival bunga Internasional yang tidak kalah besar? Dampaknya akan sangat baik untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam ke dunia. Selain itu, hal ini juga bagus bagi perkembangan event organizer Jakarta

Event Organizer

Event Organizer Jakarta Festival Bunga Pasadena

                                                                                                                                                                                                  Berbagai festival bunga internasional di dunia

Jika ingin melihat contoh, beberapa negara di Asia memiliki festival bunga internasional yang setiap tahunnya mendulang kesuksesan. Sebut saja Nanhui peach blossom yang berlangsung selama Maret-April di Shanghai, Tiongkok. Pada penduduk berduyun-duyun pergi menyaksikan perkebunan persik yang baru merekah di sebuah perkebunan seluas puluhan ribu hektare.

Sementara negara tetangganya, Jepang, dikenal dengan festival bunga sakura yang menjadi salah satu daya tarik pariwisata negara tersebut. Salah satu destinasi yang dipadati wisatawan pada musim semi adalah Takada Park, taman yang ditumbuhi kurang lebih 4.000 pohon sakura.

Berpindah ke daratan Eropa, Belanda menjadi tempat tujuan para wisatawan yang ingin menyaksikan festival bunga tulip di Keukenhof. Kemudian tak jauh dari sana, ada pameran bunga lavender yang berlokasi di Provence-Alpes-Cote dAzur, Prancis. Sementara di Inggris, ada Royal Botanic Gardens yang menjadi rumah dari lebih dari 30.000 tumbuhan.

Potensi Indonesia menyelenggarakan festival bunga internasional

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia sebenarnya mempunyai potensi besar menyelenggarakan festival bunga internasional. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan Festival Bunga Internasional Tomohon (Tomohon International Flower Festival) di Sulawesi Utara. Festival yang sudah digelar sejak 2007 tersebut mengemban tujuan untuk menunjang kesejahteraan para petani bunga, mendorong roda perekonomian, serta mempromosikan Tomohon sebagai Kota Bunga.

Namun, keberadaan TIFF belum cukup buat memperkenalkan ragam flora Tanah Air. Jakarta sebagai ibu kota negara sepatutnya mampu mengadakan festival bunga internasional dengan skala lebih besar. Semoga ada event organizer Jakarta yang siap menyelenggarakan Festival Bunga Internasional bekerjasama dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta.                                                                                                                                                             

Apalagi, festival bunga dapat memberikan manfaat seperti:

  • Membangun komunikasi budaya dengan memperkenalkan sejarah, gaya hidup, hingga peran bunga di daerah tertentu;
  • Mengangkat potensi ekonomi lokal, misalnya dengan mengajak UMKM yang menjual produk-produk yang berhubungan dengan bunga atau tumbuhan;
  • Secara tak langsung mengajak masyarakat memelihara lingkungan sekitar. Dari edukasi yang disampaikan lewat festival, masyarakat diajak mengenal dan membudidayakan bunga asli Indonesia yang tak akan ditemukan di negara lain.

Untuk mewujudkannya, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan pihak-pihak yang dapat mendukung keberhasilan festival bunga internasional di Jakarta, Indonesia. Kalau ingin acara ini bergaung secara internasional saya bahkan membayangkan bisa mengundang super model internasional seperti Kendall Jenner. Membayangkan model Victoria Secret ini melenggak-lenggok di catwalk salah satu kendaraan Bunga dengan desain Candi Borobudur dari mawar, akan menjadi foto epik di media internasioal.                                                                         

Kalau perlu ditambah mendatangkan Olivia Rodrigo penyanyi pendatang baru yang meraih 3 Grammy Award pada tahun 2022. Apalagi jika panggungnya bisa dari mawar yang dekorasinya membentuk aikon Monas sebagai latar belakang.Tentu saja untuk suksesnya acara bisa menggandeng event organizer  profesional yang sudah biasa menyelenggarakan acara internasional. Mari kita tunggu tanggal mainnya.

 

whatsapp
whatsapp